Rangkaian Liputan kegiatan Pencak Silat 2005



Rangkaian acara kegiatan Pencak Silat di Pertengahan tahun 2005, yaitu dengan terselenggaranya Jambore Pencak Silat Nasional dan Kejuaraan pencak Silat Antar mahasiswa tingkat Nasional belum lama ini, seolah membangkitkan semangat bagi komunitas pencak silat di Tanar Air, sebagai agenda Tahunan yang akan di selenggarakan oleh PB. IPSI.

Jambore Nasional Pencak Silat 2005
Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 28 Juli hingga 31 Juli 2005, yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta ? Timur, merupakan acara yang cukup menarik disamping itu acara tersebut didukung oleh berbagai Pihak antara lain PB. IPSI, Persilat dan Perusahaan Swasta Nasional PANASONIC. Acara ini dibuka secara resmi oleh Bapak Prabowo Subiakto sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia. Di Ikuti setidaknya lebih 30 Lebih Pengda IPSI dari berbagai derah dan juga puluhan perguruan se Indonesia, Diharapkan dengan acara jambore Nasional Pencak Silat ini akan tergali kembali nilai seni dalam pencak silat yang merupakan salah satu Aspek yang terkandung dalam pencak silat.
Melihat acara yang begitu memikat hati para pengemar pencak silat yang hadir tentunya acara ini di harapkan menjadi agenda tahunan IPSI dalam perhatiannya menggali potensi pencak silat seni yang mengakar pada budaya bangsa yang beraneka ragam. Dan harapan kita bersama IPSI dapat membuka keterbukaan dan wawasan pesilat dan perguruan-perguruan pencak silat sebagai ujung tombak dalam mensosialisasikan pencak silat sebagai olahraga yang memiliki nilai hostori dan seni budaya yang digemari oleh masyarakat pada umumnya. Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh bapak Rachmat Gobel sebagai Ketua Harian PB. IPSI, dan sekali lagi kami dari silatindonesia.com dan segenap pecinta silat Indonesia mengharapkan agar acara ini menjadi acara tahunan yang dikemas lebih menarik dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Penganugrahan gelar ?Pendekar Utama? kepada Presiden RI
Berselang satu hari tepatnya pada tanggal 1 agustus acara besar pun diselenggarakan Oleh PB. IPSI di Padepokan Nasional pencak Silat Indonesia TMII Jakarta, Acara penganugrahan gelar ?Pendekar Utama? kepada Presiden RI, Bapak Susulo Bambang Yudhoyono, dihadiri oleh keluarga besar Pencak Silat Indonesia, dan tentunya acara ini memberikan angin segar kepada Dunia pencak Silat agar peran aktif pemerintah mendorong semangat masyarakat pencak silat untuk kembali memperkenalkan silat sebagai salah satu kebanggaan bangsa.

Kejuaraan Pencak Silat Antar mahasiswa tingkat Nasional
Acara yang tak kalah menariknya yaitu digelarnya acara kejuaraan pencak silat olahraga prestasi untuk tingkat nasional yang di ikuti oleh 47 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, acara ini di selenggarakan oleh Universita Trisakti jakarta dan PB. IPSI, berlangsung di Padepokan pencak silat TMII Jakarta, pada tanggal 8 ? 13 Agustus 2005. Mahasiswa sebagai kaum terpelajar dengan wawasan dan pengetahuan yang luas diharapkan kegiatan kejuaraan ini tidak hanya mencetak sang juara namun juga mencetak pesilat yang mampu memberikan wacana bagi perkembangan Pencak silat di Indonesia dan juga dunia, sebagai olahraga yang mampu bersaing dengan olahraga sejenis, peran mahasiswa dalam pencak silat sangat penting karena mahasiswa memiliki pemikiran yang kritis dan berorientasi global sehingga pencak silat menjadi satu kesatuan yang utuh dalam perkembanganya dengan memelihara aneka ragam bentuk dan cirikhas pencak silat yang ada di bumi nusantara ini.

Dalam Cara ini diselenggarakan juga berbagai bentuk kegiatan seperti Lomba Photogarfi dan sarasehan, Walupun belum di Ikuti oleh kalangan pengemar photografi secara umum namun kegiatan ini merupakan ide yang cukup menarik untuk di Publikasi agar pencak silat dapat diterima oleh berbagai komunitas lainnya. selain itu acara diskusi yang diberinama sarasehan ini di upayakan untuk menjebatani ide-ide dari kalangan pesilat maupun masyarakat pada umumnya, acara sarasehan ini menghasilan 3 butir kesepakatan antara lain :

1.Acara Kejuaraan Penca silat Antar mahasiswa tingkat nasional akan diselenggarakan satu tahun sekali yang di dukung langsung oleh PB. IPSI

2.Dibentuknya Paguyuban Pencak Silat Mahasiswa sebagai komunitas pencak silat.

3.Di Pilihnya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya sebagai penyelenggara Kegiatan Kejuaraan Pencak Silat Antar Mahasiswa pada tahun 2006.

Seluruh rangkaian Acara untuk tingkat nasional merupakan bukti keseriusan PB. IPSI terhadap Pencak Silat dilihat dari berbagai aspek yang dinimiliki pencak silat, sehingga potensi yang dimiliki oleh pencak silat sebagai olahraga yang universal dapat tergali lebih dalam sehingga peran mahasiswa sangat diharapkan untuk menggali apresiasi dalam olahraga ini. Dan sebagai juara umum pada kejuaraan ini adalah Universitas Negeri Jakarta, disusul oleh Universitas Trisaksi Jakarta. Kami dari silatindonesia.com mengucapkan selamat atas prestasi dan dedikasi rekan-rekan sekalian, semoga apa yang kalian cita-citakan tercapai.


Team Liputan :
-gappala network
-silatindonesia.com team
-milis silatbogor Indonesia
-gema aktifitas pecinta silat Indonesia


Sunday, August 28, 2005 11:32:25


Related Tags :