Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-14 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, 12-17 Desember 2010



Indonesia Bidik Juara Umum Kejuaraan Dunia 2010

Rabu, 1 Desember 2010
JAKARTA (Suara Karya): Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) menargetkan juara umum pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-14 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, 12-17 Desember 2010.



Target juara umum dianggap realistis lantaran Indonesia sebagai tuan rumah. "Target kita adalah tampil sebagai juara umum dari total 23 nomor yang dipertandingkan," kata Ketua Umum PB IPSI Prabowo Subianto, yang didampingi Presiden Persekutuan Silat Antarbangsa (Persilat) Edy Nalapraya dalam acara jumpa pers di Jakarta, Selasa (30/11).

Edy Nalapraya, yang juga mendukung terlaksananya Kejuaraan Dunia ini, mengatakan, Indonesia harus bangga karena budaya bangsanya, yakni pencak silat, kini sudah mendunia. "Meski sudah mendunia, tentu kita berharap tetap menjadi juara umum dalam sisi prestasi pada berbagai ajang internasional," ujar Edy.

Ditambahkan Prabowo, kejuaraan dunia yang diikuti 425 atlet dari 32 negara tersebut akan dijadikan oleh IPSI sebagai ajang untuk melihat kekuatan negara anggota Asia Tenggara yang akan menjadi pesaing pada SEA Games 2010 mendatang di Jakarta.

Sebagai tuan rumah, Indonesia akan menurunkan 29 atlet untuk tampil di 23 nomor yang dipertandingkan. "Tim Indonesia diambil dari juara PON Kaltim 2008, juara di kejurnas di Surabaya pada Mei lalu, dan juara SEA Games Laos 2009," kata Prabowo.

Sementara itu, dari 32 negara yang telah menyatakan keikutsertaannya, Afrika Selatan (Afsel), akan menjadi negara peserta asing yang paling awal tiba di Jakarta untuk mengikuti kejuaraan dunia, yang menurut rencana dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, itu.

Tim dari negara yang masih belum terlalu mengenal pencak silat itu dijadwalkan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (1/12) menggunakan maskapai penerbangan Emirates Air. "Afrika Selatan datang paling awal, mereka datang lebih awal agar bisa mempersiapkan diri lebih baik," kata Prabowo.

Tim Afsel akan dipimpin oleh Ketua Asosiasi Pencak Silat Afrika Selatan cabang Cape Town Sariat Arifia, serta Priharjono dan Syahrowi, pelatih dan asisten pelatih yang berasal dari perguruan silat Al Azhar, Jakarta.

Empat atlet yang akan berlaga adalah Iman Amina Vancamelbeke, Mogamatammaar Delarey, Ighsan Goondie, dan Shakeel Gillan. (Syamsudin W)