Khaul 3 Guru Besar BEKSI



Salam Beksi!

Asallamualaikum Wr Wb

Alhamdulillah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1433 H , telah dilaksanakan acara tawaqquf (penutupan sementara latihan) dan Khaul 3 Guru Besar Beksi jilid 2 (yang pertama diadakan pada 2009 dan sudah diagendakan manjadi event rutin per-3 tahun), pada hari sabtu malam, 14-7-2012, di Petukangan Selatan dengan tema “BEKSI BERSATU BERTAMBAH MAJU” yang mana acara tsb jg merupakan jg ajang silaturahmi antar pesilat baik dari Beksi maupun pesilat dari perguruan lain, acara yang diprakarsai oleh Silat Tradisional Beksi Kong Nur ini dihadiri berbagai pihak, baik tuan rumah, para undangan ataupun warga sekitar yang sangat antuisias menyaksikan acara tersebut, sehinga area yang dipergunakan jadi menjadi begitu padatnya, karena warga sekitar juga ikut membludak. Acara yang dimulai ba'da Isya ini diawali oleh Marawis dan Tahlilan serta doa untuk ketiga guru Beksi (Kong Nur, Kong Simin dan Kong H. Hasbulloh), lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Penasehat Silat Tradisional Beksi Kong Nur Bapak. H. M. Yamin, SE, AK, MM, diteruskan sambutan-sambutan oleh Ketua Panitia, Yogasuroso, ST.  Ketua Umum Beksi Kong Nur, Bpk. Abdul Malik, Guru Besar Beksi Tradisional H. Hasbulloh, Bpk. Sabenuh, Guru Besar Beksi Selempang Betawi Kong Simin pimpinan Bpk, Muslih yang diwakili oleh Bpk, H. Sodiq, selain Ketua Umum Silat Tradisional Beksi Kong Nur turut hadir juga para Pengurus Inti Silat Tradisional Beksi Kong Nur, Bpk. Miftahul Jannah, Bsc, Bpk. Didi Jumaidi, Bpk. H. Ahmad Yani, Spd.I, Bpk. Eman, Bpk. Abdul Azis dan Bpk. Yahya.



Banyak tokoh dan senior Beksi dari ketiga aliran Beksi yang hadir dan sudah lama tidak bertatap muka, sehingga acara ini juga menjadi ajang reuninya para senior Beksi. Selanjutnya acara diramaikan oleh atraksi dari cabang-cabang perguruan Silat Tradisional Beksi Kong Nur yang berada dalam padepokan-padepokan yang tersebar di sekitar Jakarta, Depok dan Tangerang, juga dari Beksi Tradisional H. Hasbulloh, Selempang Betawi Kong Simin, Perguruan Silat Ronce Cipulir, Beksi Cengkareng, turut meramaikan juga dari beberapa aliran non-betawi yaitu Ujungan Macan Ngawahan (Galih & Boy) , Sika (Matias Prasodjo), dan Silek Taralak (Ferdi ibnu Syahbani). salah satu atraksi kejutan adalah penampilan dari artis Indra Birowo di atas panggung.

Atraksi-atraksi silat yang menarik dengan seragam yang berwarna-warni ini mengundang aplaus dari para penonton yang membuat acara makin meriah , acara diselingi oleh sesi poto bareng ke-I, untuk para guru besar perguruan-perguruan yang hadir dan juga jajarannya, pada akhirnya acara ditutup pukul 23.30 malam dan dilanjutkan dengan sesi poto bareng ke-II, sesi poto bareng ke-II ini sangat d tunggu oleh para penonton karena sebagian besar dari mereka ingin berfoto bersama artis Indra Birowo.

Semoga acara ini dapat mempererat tali silaturahmi para pesilat Beksi dengan pesilat dari perguruan manapun, sehingga dapat dengan bersama ikut melestarikan, mengangkat dan mengharumkan nama pencak silat tradisional indonesia.

Teriring ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi para tokoh dan pendekar,  semua perguruan dan warga masyarakat Petukangan Selatan  yang telah hadir dan ikut meramaikan acara tersebut dengan antusias, juga kepada perwakilan FP2STI dan Tangtungan Project yang telah hadir dan meliput acara tersebut, salam hormat dan persaudaraan. Mohon maaf atas segala kekurangan disana-sini,

Wasallamualaikum Wr Wb

Salam Beksi!

ditulis oleh Bang Yoga Suroso
di group PERGURUAN SILAT TRADISIONAL BEKSI PUSAT