Indonesia Juara Umum Pencak Silat



Pencak silat Indonesia menjadi juara umum SEA Games ke-27 2013. Di cabang olah raga ini, Indonesia mengumpulkan total 4 emas, 4 perak, 3 perunggu.

Posisi runner up ditempati Vietnam dengan 4 emas, 4 perak, dua perunggu. Sedangkan tuan rumah Vietnam di posisi ketiga dengan 3 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Setelah pada hari sebelumnya mendulang tiga emas, pada pelaksanaan hari terakhir pencak silat di Zeyar Thiri Indoor Stadium, Minggu (15/12/2013), pencak silat Indonesia menambah koleksi satu emas, dan empat perak.

Satu Emas dipersembahkan Mohamad Adhnan di kelas 55-60 kg. Dia mengalahkan tuan rumah Ye Kyaw Thu 4-1.

Adapun untuk tambahan empat perak hari itu, dua di antaranya diraih Indonesia setelah kejadian melepar handuk tanda menyerah sebanyak dua kali.

Pada nomor tunggal putri kelas 70-75 kg, Indonesia harus puas dengan medali perak, setelah Mariati tidak mampu melanjutkan pertandingan saat memasuki ronde ketiga.

Mariati terjatuh dan tergeletak lemas. Tim Indonesia kemudian melempar handuk ke tengah lapangan, tanda menyerah dan wasit kemudian menghentikan pertandingan. Mariati kemudian dievakuasi tim medis.

Indonesia kembali melempar handuk di kelas 45-50 kg, sehingga harus mendapatkan perak. Awaludin tidak dapat melanjutkan pertandingan karena kesakitan setelah atlet tuan rumah Myanmar Zay Yar menendang daerah kemaluan yang sebenarnya dilarang dengan menggunakan lutut.

"Bagaimana atlet kami mau melanjutkan dengann kondisi kesakitan? Lalu tim medis juga berpihak pada tuan rumah, karena menyatakan atlet kami fit. Padahal jelas-jelas atlet kami tidak fit. Kalau medis menyatakan atlet kami tidak fit, maka tuan rumah akan kalah," katanya

 

sumber: pikiran rakyat